Featured Post Via Labels

Instagram Photo Gallery

25 Mei 2015

Arti Persahabatan

Share & Comment

         Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan tentang apa sih "Persahabatan" itu?
Persahabatan itu memiliki arti yang luas sebenarnya, namun dalam ringkasan yang pendek bahwa persaabatan itu adalah sebuah pertemanan antara suatu makhluk hidup dan seolah-olah mereka selalu bersama serta saling membutuhkan. Adanya sahabat bisa menjadi pelengkap dalam hidup, seperti misalnya jika tidak ada sahabat hidupmu akan merasa hampa, tidak ceria dan selalu saja merenung.

          Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.

          Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten:

✔Kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain.
✔Simpati dan empati.
✔Kejujuran, barangkali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran.
✔Saling pengertian.

          Seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama.

          Disiplin-disiplin utama yang mempelajari persahabatan adalah sosiologi, antropologi dan zoologi. Berbagai teori tentang persahabatan telah dikemukakan, di antaranya adalah psikologi sosial, teori pertukaran sosial, teori keadilan, dialektika relasional, dan tingkat keakraban.

(Sumber: Wikipedia)


         Terkadang sering terjadi pertikaian antar para sahabat dan bagiku itu adalah suatu hal yang wajar. Namun biasanya jika kedua belah pihak bisa saling mengontrol diri, dibalik itu semua ada hal bahagia, seperti persahabatan mereka menjadi tambah kokoh. Namun ada juga yang tidak bisa bertahan karena pertikaian yang menghantuinya, alhasil terjadilah permusuhan satu sama lain. Sahabat lebih memiliki simpati dan lebih perduli terhadap sahabatnya. Mengedepankan Sahabat dibandingkan dengan teman biasa, serta lebih akrab dan lebih sering bermain dengan sahabat.

          Bagi kalian yang memiliki sahabat, jagalah persahabatan kalian, jangan sampai persahabatan kalian hancur hanya karena hal sepele. Mungkin pacar akan bisa hilang, tapi sahabat akan terus bersama selamanya.

Pesan moral: Jaga sahabatmu seperti menjaga pacarmu.
Tags: ,

Written by

Seorang penulis novel fantasi yang memiliki minat dalam berbagai hal seperti programming dan game making.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fantasy

Fiksi Ilmiah

Wattpad: @yusriltakeuchi

Copyright © Yurani Takeuchi | Thanks to Yusril Takeuchi