Featured Post Via Labels

Instagram Photo Gallery

9 Mar 2016

Cara Merawat Hamster #1

Share & Comment
            Ketemu lagi dari postingan sebelumnya nih. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang Cara Merawat Hamster. Karena bagi beberapa orang, khususnya pemula, pasti masih bertanya-tanya, bagaimana sih cara merawatnya yang baik dan benar? Karena denger cerita dari temen yang masih pemula, dia juga melihara hamster. Dia bilang hamsternya mati, belum lama dibeli. Saya yakin, sebagian besar faktor penyebab kematiannya adalah kesalahan dari majikannya itu sendiri. Kenapa? Karena dia kadang suka ngejemur hamsternya di luar ketika pagi hari, dan memandikannya dengan air. Aduh! Itu kesalahan besar dalam dunia hamster. Karena minimnya pengetahuan, kalian telah membuat makhluk seimut itu merengang nyawa! Oh teganya! *lebay. Daripada kalian termasuk orang yang sama seperti teman saya kebingungan, mending saya bahas beberapa tipsnya dibawah ini.

1. Jangan Menebar Makanan Di Kandang

Why? Cara memberi makan hamster itu beda dengan ayam yak. Kalau ayam mungkin tinggal di sebarin aja, nanti mereka bakalan makan sendiri. Tapi untuk hamster, eits jangan sekali-kali mencoba deh. Karena makanan yang kalian sebar itu akan membuat kandang hamster lebih mudah kotor, bau dan bisa saja mengundang berbagai penyakit loh. Nah maka dari itu, kalian diwajibkan memakai tempat makanan khusus. Enggak punya tempatnya nih, beli aja murah kok di toko hamster. Males buat pergi? Kalian telah ketularan malesnya hamster haha! Coba saja sekreatif mungkin untuk membuat tempat makanan sendiri.
            Untuk kriteria tempat makanan, bebas tidak ada yang perlu diatur. Yang terpenting, tempatnya agak berat dan tidak terlalu ringan. Sebab jika demikian, tempat makanan akan ketendang-tendang lalu berantakan  deh. Hingga akhirnya menimbulkan seperti yang dibicarakan diatas. Nah kemudian untuk yang kedua ialah..

2. Rajin Membersihkan Kandang

Kalian aja kalau dirumah pasti dipaksa oleh orang tua kalian untuk tidak hidup jorok kan? Begitupula untuk hamster. Hamster itu hewan yang hidup bersih dan rajin mandi loh. Kalian sebagai pemilik, harus bertanggung jawab atas kelangsungan kandang hamster kalian. Jangan dicuekin hamsternya seperti hanya memberi makanan saja. Kandang hamster minimal dibersihkan 1 minggu sekali, dicuci dengan sabun Dettol disarankan. Lalu ganti serbuk kayu dan pasir zeloitnya setiap kali membersihkan kandang. Yang perlu kalian tau guys. Serbuk kayu dan pasir zeloit itu berguna untuk membersihkan bulu hamster, menyerap air seni. Nah jika kalian tidak rajin membersihkannya, akan membuat kandang hamstermu bau, dan mudah terserah penyakit deh.
3. Pilih Makanan Yang Baik

Memilih makanan yang tepat untuk hamster adalah salah satu cara paling efektif untuk keterlangsungan hidup hamster kalian. Mentang-mentang simbol hamster itu adalah kuaci, dan kalian mengira itu adalah makanan favoritnya. Sehingga kalian memberikan biji bunga matahari itu setiap hari. Itu juga tidak bagus! Biji bunga matahari mengandung banyak lemak yang tidak bagus untuk hamster kalian. Kita perlu memberikan ini jarang-jarang saja, lebih disarankan untuk mengganti-ganti jenis makanan setiap harinya. Karena jika terlalu banyak memakan makanan yang mengandung lemak, akan membuat hamster kalian tekena obesitas yang berujung pada penyakit jantung. Ngeri kan, apa kalian mau hamster imut kalian kena serangan jantung?
      Kalian bisa mengkombinasikan makanan mereka dengan takaran yang benar, seperti kacang hijau dan kedelai. Kedua makanan ini adalah makanan alternatif terbaik yang minim lemak.

4. Jangan Memegangnya Sambil Berdiri

Kenapa sih begitu? Mungkin nanti ia akan mengira bahwa kita adalah Titan yang siap menyantapnya kali yah hehe. Tapi ini serius loh, pada saat kalian bermain-main dengan hamster kesayangan kalian, jangan melakukannya sambil berdiri. Why? Why? Karena hal tersebut dapat membuat hamster menjadi stress guys! *nunjuk ke yang baca hehe. Alangkah baiknya, posisi kalian dalam keadaan duduk saat ingin memegang mereka. Dan ini juga jauh lebih menyenangkan, kenapa? Enak dong, enggak pegel hehe.

5. Jangan Menjemur Hamster Di Terik Matahari

Eh kok gambarnya anjing? suka-suka saya dong :P Mendegar akan hal ini, kita jadi teringat dengan Dracula yang takut akan matahari. Tapi bukan berarti menandakan bahwa hamster itu Dracula yah. Sama belum tentu sejenis. Seperti yang sudah saya bahas di postingan sebelumnya. Hamster adalah hewan nocturnal. Yaitu tidur disiang hari dan aktif dimalam hari. Jadi terkena paparan sinar matahari secara langsung sangatlah tidak bagus. Jika melakukan ini, kemungkinan akan menyebabkan hamster terkena Heat Stroke guys! *ini hamster kayak manusia aja yah, kena struk segala. Maksud Heat Stroke disini adalah keadaan dimana hamster kalian mati secara tiba-tiba. Ketika pagi hari kalian menjemur hamster diluar, lalu ditinggal ke supermarket atau kerumah temen sebentar. Syukur-syukur hamster kalian masih selamat, jika tidak kalian akan menemukan hamstermu sudah mati dalam keadaan membeku. Posenya tidak ngenakin gitu deh, kayak abis ditembak tentara penjajah *abis perang nih mungkin hehe. Maka dari itu, taruhlah ditempat yang seteduh mungkin, dan tenang. Keadaan ruangan yang terlalu bising juga tidak bagus. Karena indera pendengaran itu sama seperti anjing loh, sangat tajam.

6. Cuci Tangan Sebelum Memegang Hamster

Sebelum memegang hamster kesayangan kalian, jangan sekali-kali deh dalam keadaan kotor. Apalagi habis memegang-megang sesuatu seperti memegang handphone, laptop, hidung, pan*at, dan sejenisnya hehe. Karena indera penciuman mereka sangat tajam loh! Tapi enggak nusuh kok hehe. Hamster tidak dapat melihat warna pelangi, jadi hanya hitam dan putih saja. Penglihatannya pun sangat terbatas. Makanya, hewan yang satu ini mengandalkan pendengaran dan penciuman untuk mencari makanan dan mengenali sesuatu. Jika kalian belum cuci tangan, hamster akan merasa asing dengan bau itu, sehingga anda di anggap orang asing. Syukur-syukur sih cuman dijauhin, kalau digigit? Kalian sendiri kan yang rugi. Karena dengan mencuci tangan sebelum memegang, dia akan mengenali bau khas dari tangan kalian *semoga aja tangannya tidak habis cebok yah, bisa-bisa itu hamster langsung tewas.

7.Jangan Memberinya Makanan Yang Beraroma Kuat

Lah sekarang gambarnya duren? Biarin deh, lagi ngidam saya haha. Sesungguhnya makanan yang cocok itu adalah seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Jangan memberi mereka makanan berupa coklat, jeruk, bawang merah, bawang bombay, bawang putih, seledri, daun bawang, dan makanan dengan aroma kuat lainnya. Meskipun hamster tergolong hewan omnivora (Pemakan daging dan tumbuhan) makanan seperti diatas sangat tidak ramah untuk perut mereka. Kemungkinan akan menyebabkan hamster kalian terkena diare! *penyakit manusia lagi haha.

8. Jangan Memandikan Hamster Dengan Air

Ini nih yang penting! Yang di alami teman saya karena minimnya ilmu yang dia miliki. Hamster itu hewan yang tinggal di gurun, gersang. Tidak cocok jika di mandikan dengan air. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit pneumonia! Lantas bagaimana untuk memandikannya? Hamster saya udah bau nih, jelek banget keliatannya. Kalian hanya cukup memerlukan 1 wadah sebagai sand bath, dan pasi Zeloit yang bisa dibeli di toko hamster. Pasir ini berguna sebagai pengganti air. Cukup taburkan secukupnya pasir itu ke wadah, nanti ia akan berguling-guling seperti layaknya babi di lumpur, di dalam pasir itu. Setelah merasa cukup, kalian bisa mengangkatnya kembali. Dan bulu hamster kesayangan anda akan kembali bagus! Kalau bisa sih, pasir itu taruh saja di kandangnya. Jadi sewaktu ingin mandi, mereka tidak perlu menunggu majikannya. Serasa punya bayi yah haha.

9. Memberikan Aksesoris

Sebenarnya, aksesoris disini sangat berperan penting dalam kehidupan hamster. Karena benda tersebut dapat membantuk fisik hamster itu sendiri. Seperti Jogging wheel, pipa, rumah-rumah, jungkat-jungkit, dot botol. Ketika mereka memainkan itu semua, akan membuat fisik hamstermu tidak lemas, dan kaku. Sehingga dapat menyehatkan.

            Nah sekiranya seperti itu singkat cerita dalam Cara Merawat Hamster. Merawat hewan ini juga perlu pengetahuan khusus, tidak boleh sembarangan loh. Karena akan terjadi seperti teman saya kasusnya. Temen disekolah pun banyak yang gagal dalam merawat hamster dengan berbagai alasan lainnya. Itu semua karena minim ilmu pengetahuan. Nah, dengan kalian membaca artikel ini, akan menambah wawasan kalian tentang dunia hamster. Sehingga anda dapat merawat hamster kesayangan anda dengan sangat baik dan benar.

Salam hamster~

Postingan terkait lainnya:
  1. Nijuku & Saga Si Hamster
  2. Jenis-Jenis Hamster
  3. Pakan Hamster
  4. Cara Kematian Hamster
  5. Cara Merawat Bayi Hamster
  6. Cara Merawat Kandang Hamster
  7. Kebiasaan Dan Kebutuhan Hamster
  8. Persilangan Hamster Campbell dengan Winter White
  9. Tips Membeli Hamster
  10. Tanda-Tanda Hamster Akan Melahirkan


Tags:

Written by

Seorang penulis novel fantasi yang memiliki minat dalam berbagai hal seperti programming dan game making.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fantasy

Fiksi Ilmiah

Wattpad: @yusriltakeuchi

Copyright © Yurani Takeuchi | Thanks to Yusril Takeuchi