Featured Post Via Labels

Instagram Photo Gallery

25 Jul 2015

Suka Duka Mudik

Share & Comment



-Hari Pertama-
            Akhirnya lebaran tiba juga! Setelah selama satu bulan kita berpuasa menahan lapar, haus dan nafsu. Kini hari kemenangan telah tiba. Sebelumnya saya ucapkan Minal aidin walfaidzin. Mohon maaf jika gw pernah berbuat salah mau itu secara sengaja atau tidak sengaja. Lebaran pasti identik dengan mudik. Sebagian besar warga Indonesia melakukan mudik pada saat lebaran. Biasanya kalau lagi mudik begini, Jakarta seolah-olah menjadi seperti di Jepang. Jalanan begitu sepi layaknya kota mati. Tapi enak juga sih, gw jujur lebih suka keadaan sepi nan tenang kayak gini dibanding dengan rame, banyak asap kendaraan, suara berisik dimana-mana. Dengan begitu pikiran gw bisa jadi tenang lagi hehe.
            Sejak kecil sampai sekarang di keluarga gw selalu mudik setiap lebaran dengan unsur silaturahmi dengan keluarga yang dikampung. Gw pergi pada hari minggu pagi, yaitu 2 hari setelah lebaran. Biasanya keluarga gw pergi dari rumah ke terminal tanjung priuk naik kopaja. Tapi karena bapak gw mungkin lagi terbelokan hatinya karena kasian ngeliat gw, adek-adek gw dan ibu gw yang kepanasan karena kopaja yang sumpek. Rame, panas, gile rasanya kalau ada yang buang angin satu bus langsung tepar semua termasuk supirnya. Maka dari itu, sejak 1 tahun yang lalu kita pergi dari rumah ke terminal naik taksi. Enak banget, gw abis mandi langsung masuk ke taksi yang dingin akan AC. Rasanya gw seperti abis masuk kedalam kulkas hoho. Nah perjalanan dari rumah ke terminal sangat mulus banget, walau terkadang gw sedikit tegang naek taksi di depan bersama sang supir terganteng. Jujur karena gw sendiri jarang naek mobil, sekalinya naek mobil itu tegang banget apalagi duduk didepan. Mungkin karena parno duluan kali hehe.
            Dari terminal tanjung priuk kita memutuskan untuk pergi naik bus AC jurusan Jakarta Bandung. Namun karena si Freddy ngerengek-rengek didalam celana mau muntah jadi terpaksa deh ke WC dulu sebelum pergi. Pas gw masuk kamar mandi, buset. Kotor banget itu kamar mandi, udh gitu tempatnya cuman ada 3. Ditembok tertuliskan dengan lantang “Tempat kencing” karena kebetulan disitu gw liat ada keran air dan lubang buat kencing, jadi gw melampiaskan seluruh rasa terpendam ini dengan lega. Walau agak keliatan sama orang-orang sih, tempat kencingnya diluar bukan didalam kamar mandinya. Udah gitu ngantri nya rame banget kayak ada sembako. Yo mama, sembako WC diskon besar-besaran! Kencing 2x gratis berak 1x hehe. Setelah itu gw dan keluarga gw pergi deh naik bus yang sangat adem layaknya kulkas dirumah gw.
           
            Gw semalem mimpi ketika lagi naek bus dari tanjung priuk ke bandung gw duduk bersebelahan dengan cewe cantik banget kayak cewe korea. Didalam bus itu gw cuman diem sambil dengerin musik di headset. Tiba-tiba itu cewe noel-noel gw. Mungkin minta jatah kali yah *gile dah hehe. Ternyata itu cewe ngajak kenalan sama gw. Kalau di amburin sayang makanya gw terima deh perkenalan itu. Namanya Vita, namanya bagus secantik orangnya. Rasanya kalau gw senderan sama dia gw gk bakal turun-turun dari bus *keenakan wkwk. Kenalan kian kenalan ternyata dia juga rumahnya di Jakarta dan kampungnya sama, yaiyalah sama, orang kita naek satu bus jurusan *gimana sih lu sril. Kita saling ngobrol-ngobrol dengan nikmatnya, gw nyaman banget sama dia dan enggak merasakan kalau seolah-olah gw lagi jalan sama ortu. Seolah-olah gw pergi berdua keluar kota sama dia.
            Nah dari awal pertemuan itulah gw sama dia jadi akrab banget, setelah sampai di tempat tujuan masing-masing kita janjian buat ketemuan di sebuah tempat dan pergi jalan-jalan deh. Udah serasa jadi pacarnya hoho. Tapi itu semua hanya mimpi belaka! Kenyataannya pahit, pertamanya sih memang gw duduk di sebelah cewe. Ada cewe yang tiba-tiba duduk disamping gw gitu yang lagi asik dengerin lagu. Eh tiba-tiba emaknya noel-noel gw, dikira gw bakalan ngapa-ngapain anaknya kali. Dengan nada yang lembut dan gk ngeliat kalau gw lagi asik-asik denger lagu dia nyuruh gw pindah kebelakang karena dia mau duduk sama anaknya. Kayaknya enggak enak kalau gw mangkreng duduk disitu akhirnya gw mengsahkan untuk bangku gw diwariskan kepada ibu itu. Bu, tolong dijaga yah bangkunya. Kalau sakit langsung diobatin ke rumah sakit, kalau rewel cubit aja.  Gw duduk dibelakang jauh dari ortu gw yang didepan. Nah kebetulan gw duduk sama cewe lagi, tapi kayaknya dia anak SMP. Nah, mungkin tuh anak merasa keganggu kali disamping gw yang padahal gk ngapa-ngapain cuman dengerin lagu-lagu kpop favorit gw. Eh dia malah pindah ke samping emaknya, dan bapaknya malah pindah ke samping gw. Buset dah, niatnya dapat cewe, eh malah dapat pisang. Ampun ampun!.

            Sekitar 3 jam an gw sampe di terminal bandung dengan badan yang super pegel-pegel. Karena kebetulan ortu gw mau ngunjungin rumah saudara ibu gw dulu, jadi kita pergi ke ciwidey. Gw pikir bakal naek mobil yang mewah lagi kayak tadi, tapi malah mobil andong-andong yang dinaikin. Gw bener-bener kecewa berat. Itu mobil sempit, panas, ditambah dengan orang yang naek banyak banget. Buset sampe kejempet-kejempet gw. Gw gk sabar, gerahnya kian membara. Diperjalanan menuju ciwidey dengan mobil itu serasa menaiki kendaraan di atas api neraka. Panas banget Woy!. Panasnya itu seolah-olah gw mau teriak “WOOI Panas! Nyalain AC nya!” lalu membuang angin dengan biadab nya tanpa rasa malu agar itu supir sadar kalau kita udh gak kuat seperti layaknya ngeliat mantan lewat.
            Udah panas, gerah, sempit, kaki gw panas banget soalnya berdiri diatas mesin mobilnya, serasa di panggang diatas pemanggang. Eh malah macet panjang! Kan gila. Macetnya begitu panjang dan lama, rasa panas kian menggejolak didalam panggangan roda yang berjalan itu. Karena bener-bener penasaran kenapa bisa sampe macet  begitu panjang, akhirnya kendaraan itu udah mulai jalan. Dan ternyata di depan ada kecelakaan! Ada cewe yang tabrakan dan terkapar di tanah seperti layaknya ayam di potong *bener kan gw? Banyak orang disitu yang menolongnya, gw kaget banget pas liat mukanya udh ancur. Duh neng, kasian banget kamu sampe kena kecelakaan kayak gitu. Rusak neng wajahmu. Walau udh ngeliat penyebab macetnya tapi tetep aja itu macet masih menghantui jalanan menuju ciwidey. Itu supir be*ok atau apa sih. Ketika udh bener-bener panas dan gw rasanya mau teriak kepanasan, eh dia baru mutusin buat ambil jalan muter. Dasar supir gendeng. Kenapa gak dari tadi ambil jalan muter, udh gitu minta nambah jatah pula 2 ribu per orang buat bensin. Kayaknya seperti di sengajain biar dapat THR lebih tuh supir.
           
            Setelah 1 jam an lebih terombang-ambing di dalam mobil yang panas, kita sampai juga di terminal Ciwidey. Karena kebetulan ini perut udah berbunyi “Oni chan! Gohang!” perut gw udh teriak kelaperan dan butuh asupan makanan. Maka dari itu kita makan ketupat tahu diterminal itu. Suasana adem dan nyaman kian membesar. Badan gw pegel-pegel banget setelah terkurung selama berjam-jam didalam mobil panas itu. Ketika lagi asik-asik makan, eh ada orang palanya botak dengan wajah yang super ganteng duduk disebelah gw. Karena tampangnya mencurigakan gw memindahkan tas-tas bawaan gw dan ortu gw ke samping. Yaelah bro, bukan maksud nuduh, tapi wajahnya sudah memungkinkan *ampuni saya mz. Udah itu orang bener-bener ganggu banget dengan ngerokok disamping gw. Gw bukan perokok dan gk nyaman banget kalau ada yang ngeroko disamping gw. Tiba-tiba dateng lagi temennya disebelah gw tapi dia malah bawa kek botol bir gitu. Baunya naudzubilleh, baunya kayak sempak gw yang blom di cuci satu minggu *semua semfak pasti bau, yang wangi cuman semfaknya maria ojawa. Bener-bener dah tuh orang, mabok disebelah gw tanpa rasa malu. Udah gitu lama banget saudara ibu gw datengnya buat ngejemput.
            Bete kian bete, setelah lama menunggu akhirnya mereka datang. Nah kebetulan disitu datang juga adek ibu gw jadinya kita bersalam-salaman. Gw bingung, mau naik ke gunung dengan bawaan seberat ini naek apaan? Delman? Gak mungkin kuat pastinya. Kecuali itu kuda dipakein rocket dibagian kiri kanannya atau pakek kuda pegasus buat naek. Gw kaget ternyata naek keatas gunung yang tinggi dengan tanjakan ditambah barang-barang berat itu malah naek ojek! Buju buneng. Gw udah deg-degan setengah mati. Gw udh punya firasat buruk terjadi saat itu. Untungnya satu motor 1 orang jadinya agak renggang dan gk sempit. Kebetulan tukang ojek yang gw naekin ialah orang yang tadi mabok disebelah gw. Dari motornya aja udh mencurigakan apakah kuat nanjak atau enggak. Dengan suara motornya yang berbunyi “Bwekbwekbwek tuuuttuuut” *enggak lah. Kita jalan menuju lokasi tujuan menaiki gunung.
           
            Diperjalanan motor gw ketinggalan jauh, yaelah ini tukang ojek gak professional banget buntutin orang, kalau jadi tukang mata-mata bakalan ketinggalan jauh nih. Gw udh parno duluan kalau gw bakalan nyasar. Udah gitu batrai hp gw abis, kalau nyasar bingung dah gw gimana minta di jemputnya. Tapi untungnya jalan dengan jalan yang tepat. Tapi ada yang bener-bener bikin malu. Pada saat menghadami tanjakan yang melonjang tinggi. Itu motor rasanya udh gak kuat. Bunyi suaranya ganggu banget “Bwekbwekbwekbwek nyuut nyuut juzz juzz”. Gw udh parno duluan nih, dan itu motor malah ngeden kayak orang mau berak bunyinya “Ngeeeengg”. Gw ngalamin serasa jadi valentino rossi! Itu motor gemping tinggi sehingga membuat gw terpentalkan jatuh. Pantat gw sakit banget kena jok. Dan itu supir malah nabrak pagar besi ciakakak. *sabar yah bang. Walau gw selamat tanpa luka, tapi laptop gw nais. Dia kelempar dari motor dan terjatuh ditanah. Disitu gw langsung nangis dalam ati “Ya allah, kenapa harus dia! ;v” Akhirnya itu motor udh normal lagi walau dengan bagian depannya ancur nabrak pagar. Gw udh was-was duluan. Sepertinya laptop gw udh koma berat! Gw mau buru-buru sampe rumah saudara gw buat di periksa keadaannya. Ditambah gw harus sering-sering jalan kaki karena motornya gk kuat nanjak jadi harus didorong. Buset dah, ini tukang ojek bener-bener gak professional banget. Akhirnya gw sampe dirumah saudara gw dengan keadaan sehat walafiat. Tapi gw cek kondisi laptop gw baik-baik aja, walau cuman bagian monitornya agak kelepas dan gw rapetin lagi langsung normal lagi.
            Disitu tempatnya enak banget. Yah yang namanya diatas gunung pasti dingin dong udaranya. Begitu juga airnya yang sangat dingin seperti layaknya mandi air es batu. Walau enak, tapi ada yang bener-bener di benci. Itu kamar mandi bagian atas nya terbuka. Jadi sewaktu-waktu bisa aja ada orang bejat yang ngintip gw mandi. Mending kalau yang ngintip cewe cakep, lah kalau nenek-nenek? *Astagfirullah ;v
Di sore hari karena berhubung badan gw gerah  banget blom mandi, diperjalanan begitu sangat panas dan gerah sehingga membuat badan gw bau badan yang tak terkalahkan. Bahkan bau gas beracun pun kalah dengan ini huehue.
Magrib pun telah tiba, waktunya bagi gw untuk shalat magrib. Gw enggak nyangka ternyata selesai magrib ada acara tahlilan dirumah saudara gw ini. Meski gw agak sedikit ngantuk jadi gw paksain ngikut deh meski pas lagi baca doa mata merem melek. Gw lucu aja ketika ngeliat ustadznya baca “Lailahailallah” kepalanya geleng-geleng kayak lagi nyanyi dangut *lah?. Tapi dari situ unsur kebersamaannya besar kok. Setelah acara tahlilan selesai, kami semua memutuskan untuk makan bersama. Disini makanannya kayak prasmanan orang nikahan. Sampe-sampe gw bingung mau ambil yang mana. Coba kalau ditempat gw yang di Jakarta. Paling cuman dapat nasi kotak doang *sedih amat yak.. Karena berhubung disini kamar mandi atasnya terbuka jadi gw memutuskan untuk Demo Mogok boker! Karena gw gk mau jika lagi boker malem-malem di intipin putih-putih dari arah kebun *hii serem ;v. Walau gw ngambil itu makanan sedikit, tapi jiwa rakus gw tetep aja susah buat hilang. Itu makanan 1 piring penuh lenyap dalam kurung waktu kurang dari 10 menit. *Maafkan saya mz. Setelah tahlilan selesai baru deh gw  bisa puas tidur sampe bangun besok pagi. Sebelumnya gw kena insomnia akut. Semua itu terjadi sejak gw sakit pas selesai reunian SD. Tapi entah kenapa ketika berada disini insomalia itu hilang seketika seolah-olah telah di basmi oleh demam ber insom *hehe. So, this a best day!

-Hari Kedua-
Hari kedua dimulai dengan awalan yang tidak cukup bagus bagi gw. Saat tertidur pulas seperti layaknya kura-kura di dalam cangkang karena gw nutupin semua badan gw pakai sarung. Gw terbangun jam 3 pagi. Bukan karena apa-apa, soalnya suhu disini dingin banget lebih dingin dari kulkas di rumah gw. Kaki dan badan gw menggigil parah. Akhirnya gw terus paksain buat tidur dan sukses! Dipagi hari  gw harus merelakan kolor yang gw pake basah untuk mandi. Jadi gw mandi pake kolor yang sedang gw pakai. Soalnya gw udh parno duluan disana. Masa iya gw harus mandi dan tiba-tiba ada yang ngintip. Apa yang harus gw lakukan? Mungkin mengambil 2 tindakan. Yang pertama bengong kayak ayam mau di potong, dan kedua tereak sekeras-kerasnya sampai terdengar ke planet Pluto *over banget yak. Setelah selesai mandi gw langsung memakai pakaian keren dan merapihkan rambut hingga membentuk jambul ayam. Gw pergi ke ruang tamu untuk makan bersama. Disini terbilang enak sih, semuanya di sediain yang punya rumah. Coba kalau di rumah nenek gw yang satu lagi. Bapak gw yang beli berbagai macam materia masakan *material, dikira bahan nempa kali huehue.
            Makanannya terbilang enak sih, terutama apalagi disana ada makanan favorit gw yaitu Ayam Goreng! Dengan biadab gw santap itu ayam tanpa memikirkan rasa malu. Jiwa buas gw muncu saat itu. Satu piring tidak sampai 5 menit sudah habis! Semuanya sudah siap! Waktunya untuk pulang menuju bandung kerumah nenek. Pada saat ingin menuju terminal Ciwidey kan harus pakai motor. Sedangkan disitu cuman ada 4 motor. Dan kalian tau? Gw harus nunggu sampai tukang ojek itu dateng lagi buat jemput gw. Cukup lama menunggu, ada temen dari kakek-kakek yang akrab disitu dateng. Kebetulan dia juga lagi nganggur maka dari itu dia nganterin gw sampai ke terminal. Gw gak sadar kalau ternyata itu ngojek, gw pikir dia dengan bersenang hati mau mengantar gw dengan gratis *maunya gratisan mulu lu sril. Setelah gw bercakap-cakap sama bapak gw, dan mau ngebayar itu tukang ojek. Dia malah mabur duluan ciakakak. Mungkin dia udah kaya sehingga tidak menerima duit, kalau di kasih motor baru pasti nerima huehue.

            Gw cukup kecewa karena harus menaiki mobil sumpek dan panas kemarin lagi untuk pulang ke bandung. Buset dah, gw udh ngebayangin kalau bakal gerah lagi kayak kemarin. Bapak gw ngusulin agar cari mobil yang masih kosong. Gunanya biar bisa cari posisi duduk yang adem. Dan dengan santainya gw duduk di pojokan berserta emak-emak yang menggendong bayi di sebelah gw. Bayinya lucu banget! Sesekali di jalan gw ledekin itu anak sampai nyengir-nyengir, dan ketika emaknya nengok ke gw langsung gw balikin muka dan pura-pura gak liat *huehue. Di mobil itu gw cukup enjoy, karena gw duduk ditempat yang agak adem walau sedikit panas kena sinar matahari luar dari jendela. Gw hanya duduk diam manis seperti gula sambil mendengar musik dan membaca buku. Entah kenapa, pemandangan didepan gw enggak ngenakin banget. Ada mas-mas yang duduk didepan madep ke arah gw mukanya cemberut mulu! Senyum dikit kek mas. Gw serasa jadi tegang sendiri ngeliat itu muka, horror banget! Makanya gw mencoba mengalihkan pandangan ke jendela dari pada setiap gw liat itu muka serasa di pelototin kuntilanak ciakakak *maaf kan saya maz.
            Dalam waktu 1 jam lebih kita sampai di terminal bandung. Waktunya untuk makan bakso! Disana gw melahan dengan sangat pelan seperti layaknya tuan putri. Jelaslah! Ada cewe cakep duduk di sebelah gw. Masa gw harus menampakan jiwa kerakusan gw didepan dia? Malu kali!
Bapak gw niatnya enggak langsung kerumah nenek. Tapi mau ziarah ke makan nenek gw yang satu lagi sambil mampir kerumahnya. Bingung yah dari tadi gw bilangin nenek ini, nenek itu? Gw punya 3 nenek. Nenek asli gw yang ada di bandung ada 2. Yang pertama udah meninggal dia ibu dari ibu gw *innalillahi semoga diterima disisinya. Dan yang kedua ibu dari bapak gw dan yang terakhir nenek gw yang di Jakarta. Kalau mau tau kenapa bisa begitu ceritanya panjang! Rasanya kayak drama korea gitu. Pacaran ngumpet-ngumpetan sampai kabur ke Jakarta. Eh disana malah terjadi masalah sehingga cerai, dan nikah dengan orang Jakarta. Rumit deh ceritanya kayak hati cewe yang sulit ditebak-tebak hehe.
            Ini pertama kalinya kekuburan. Mungkin karena gw udh gede yah jadi enggak ada rasa takut sama sekali ketika saat disitu. Gw panik banget pada saat gak sengaja nginjek kuburan orang *maafkan saya om atau tante, jangan gentayangin saya.. Disitu kita membaca doa hingga akhir. Dan setelah perjalanan pulang banyak anak-anak dan emak-emak nyamperin. Gw pikir dia mau nawarin bus gitu *ngaco deh nawarin bus di kuburan. Dia pada minta-minta gitu. Dengan berbaik hati bapak gw ngasih ke anak itu. Eh yang satu udah dikasih, dateng lagi yang lainnya buat minta juga. Etdah buset, gak bakal habis inimah.
            Seusai mampir kerumah adik ibu dan ziarah ke makam nenek, kita pergi naik angkot ke rumah nenek. Dan itu angkot di starter (dipesan) sama bapak gw buat nganter kita sampai ke depan rumah nenek *serasa jadi boss hehe. Itu supir sependapat banget sama gw pada saat ngobrol, dia juga ngeluh tentang Indonesia yang makin ancur sekarang. Indonesia sebagai negara berkembang mulai mengikuti negara super power dengan teknologinya. Sehingga semua harga dan ekonomi naik, dan rakyat kecil gak sanggup kemudian jadi tersingkir. Kasian banget kan. Akhirnya, pukul 3 sore kita sampai dirumah nenek! Walau enggak disambut meriah banget sama mereka, tapi gw disambut dengan ramai dengan ayam-ayam tetangga yang saling berkokok ketika gw memasuki pagar. Hari-hari biasa dimulai dengan biasa diantaranya hanya duduk diam, maen sama saudara, mandi, dan lain-lain. Dimalam hari yang sunyi, gw mencari dimana keberadaan adik gw dan mamang gw. Setelah mencari sana sini akhirnya ditemukan. Mereka sedang main HP di kebun belakang rumah! Buset dah, tempat itu kan gelap banget kalau malam hari.
            Dari situ jiwa iseng gw mulai muncul, sehingga gw mengendap-ngendap berpura-pura jadi setan untuk ngagetin mereka. Dan dengan hitungan 1,2,3, dan boom! Mereka kaget semua. Yang paling lucu adik gw paling kecil sampai teriak “Aaaaaaaaaah!” huehuehe. Dimalam hari yang sunyi dan tenang, kami menonton film bersama di ruang tamu. Entah kenapa mentang-mentang di laptop gw banyak film, gw di jadikan seperti glodok (Pusat perbelanjaan film-film). Suhu disini rasanya panas walau malam hari. Gw bingung, suasananya enggak kayak biasanya. Kalau ditahun lalu jam 9 an udah kayak berada didalam kulkas. Tapi sekarang? Enggak ada bedanya dengan di Jakarta. Sama-sama panas! Karena film sudah selesai dan kelelahan, gw memutuskan untuk tidur dengan seluruh kepasrahaan terserahkan disana hoho. Karena berhubung kamar saudara gw ditempatin ibu dan ayah gw. Jadi gw harus tidur diruang tamu huhuhu *sedih. Tapi ada enaknya juga sih, seenggaknya suhu diruang tamu agak dingin dibanding kamar yang panas enggak ada kipas.

-Hari Ketiga-
            Hari ketiga telah tiba! Sebenarnya bukan hari ini yang sangat gw tunggu-tunggu. Gw menunggu hari ke enam dimana gw bisa pulang lagi ke Jakarta. Sumpah disini enggak terlalu nyaman banget. Di Ciwidey memang enak tempatnya. Dingin, kamar mandinya bersih, tapi sayang atasnya terbuka. Kalau disini lebih banyak buruknya. Kamar mandinya memang tertutup, namun hanya beralaskan pintu karung. Sedangkan isi kamar mandinya? Sangat kotor, wc nya mampet. Dimana kalau ada orang  yang buang air besar itu emas permata bakalan mampet ciakakak. Ditambah jika mau mandi harus menimba air dari sumur. Buset dah, untuk mengisi 1 bak mandi penuh harus menimba sebanyak 20 ember. Capek banget kan. Air dari dalam sumur nya juga enggak bersih. Ya ampun, cukup sengsara gw disini.
            Pagi dan siang hari dihari ketiga tidak ada bedanya dengan hari ke 2. Hanya melakukan hal yang sama. Namun di sore hari gw nemenin mamang gw maen game di kebun. Tuh orang betah banget maen di kebun sama smartphonenya. Bisa sampai 4 jam lebih kalau udah main. Gw paling cuman ngeliatin aja dia maen kalau sekiranya udah bosen maen laptop atau HP. Malam telah tiba, kami semua berkumpul dimeja makan untuk makan bersama. Bagi gw bisa makan bareng seperti itu adalah suatu moment yang sangat berharga. Kenapa demikian? Karena jika dirumah gw, semuanya individual. Maksudnya makannya enggak bareng. Kadang jika gw mau makan, ibu sama bapak gw lagi sibuk kerja, adik gw lagi enak-enak maen. Jadi enggak bisa makan bareng sering-sering. Kalau disini semuanya bareng. Makanan dihidangkan, semua orang sudah bersiap mengambil makanan. Dan gw pun memulai start untuk memakan dengan biadabnya. Mengambil pola kebiasaan dalam makan yaitu MapetTangan (MakanCepetTanpaBayangan) buahuahua. Perut gw kenyang banget, gw ngambil makanan banyak banget tanpa malu-malu hohoh. Mungkin karena udah sering kesini jadi enggak malu-malu hamster lagi. Kalau di Ciwidey kan baru 2x, jadi masih jaga image gitu deh.
           
            Setelah makan malam, gw melakukan hal yang sudah seperti biasanya yaitu menonton film. Gw menonton film Ice Age di ruang kerja. Saat sedang asik-asik nonton eh temen mamang gw dateng buat ngebenerin speaker gitu deh. Tapi gw bener-bener gak nyaman. Mereka semua ngerokok pret! Itu ruangan berubah menjadi ruang abu. Gw bingung, apakah orang yang ngerokok udah enggak punya rasa sopan dan horman terhadap orang yang enggak ngerokok? Mereka ngerokok dengan sesuka hatinya tanpa mikirin padahal ada orang lain yang keganggu. Karena memang bener-bener gak nyaman gw pindah ke ruang tamu buat lanjutin nonton. Buat kalian yang ngebaca ini dan perokok sejati. Tolong hargain orang yang enggak merokok di sekitar kalian. Jangan bagi-bagi racun yang kalian konsumsi kepada orang yang tidak bersalah.
            Rasanya saat itu gw kena insom lagi, gak bisa tidur! Makanya tuh laptop yang tadinya udah dimatiin terpaksa harus di nyalain lagi *Maaf yah top, ini keadaan darurat hehe. Paling gw hanya lanjutin nonton anime To Aru Majutsu No Railgun S sampai tamat. Kebetulan memang tinggal 3 episode lagi. Setelah nonton, gw ngantuk dan tidur ditempat tidur dengan rasa lega. Udah agak ngantuk sih, tapi dipaksain dikit pasti tidur kok.
-Hari Keempat-
            Hari keempat di siang hari kami pergi jalan-jalan ke kota Bandung! Akhirnya, waktu yang ditunggu-tunggu datang juga. Soalnya disini agak sumpek juga sih. Enggak terlalu banyak hiburan jadi agak bosen. Kami pergi ke Batu Jajar mall untuk sekedar bermain di Time Zonenya. Kebetulan tempat itu belum lama jadi. Jadi semuanya masih baru. Cuman hanya beberapa keluhan gw tentang tempat itu.
  1. Enggak ada AC
  2. Mesin Time Zone nya masih dikit
  3. Panas
Disana enggak ada mainan favorit gw yaitu Pump It Up jadi agak sedikit bete lagi deh. Untungnya masih ada 1 permainan yang gw suka yaitu Time Crysis, dan itu juga yang versi lama bukan terbaru. Gamenya memang enggak banyak disukai. Namun harga disana cukup murah. 1 Koin seharga 1000 rupiah. Sedangkan gamenya kebanyakan hanya butuh 1 koin. Beda banget dengan di Jakarta yang harga 1 koinnya 2.500 sedangkan permainannya kebanyakan menggunakan 3 koin. Menurut gw sedikit wajar, karena fasilitas di Batu Jajar Mall belum terlalu mewah. Emak gw, bapak, adik, saudara mah pada asik karaokean. Sedangkan gw cuman fokus di Time Crysis. Fokus mau tamatin huehue. Koin udah abis, waktunya nebeng dengan mereka main karaoke *Kisminnya udah muncul lu sril hahah.
Gw mengambil lagu Taeyang – Wedding Dress, Suzy – I Still Love You. Pengennya sih sampe 5, tapi karena berhubung lagu yang gw suka cuman ada 2, yang lainnya kayak Ailee, IU enggak ada *huhuhu. Suara gw cukup bagus, saking bagusnya membuat monster-monster dibawah tanah bangkit untuk menyerang bumi dan seluruh orang yang ada di dalam ruangan pingsan karena mendengar suara gw yang merusak telinga haha.
            Sebelumnya kita kesana naik delman. Tapi sayangnya ketemu sama tukang delman yang korupsi. Biasanya kan harga dari rumah nenek gw ke Batujajar cuman 5 ribu. Ini malah 10 ribu kan gile! Mungkin karena dia tau kalau kita orang Jakarta maka dipatokin harga mahal. Pulangnya? Miris sih, enggak bisa naik delman lagi karena sudah pada pulang. Jadi terpaksa deh naik ojek. Namun ada keuntungan tersendiri. Dimana otak mesum gw muncul sewaktu itu. Gw duduk berdua dengan saudara gw yang cewe. Dia duduk dibelakang gw. Diperjalanan gw cukup nyaman dengan oppainya yang terus menggenjet-genjet punggug gw *wuahahaha mulai gila ciakakak. Mau di Jakarta, atau di Bandung. Yang namanya kota yah tetep aja panas. Makanya sampe rumah gw udh kayak ayam bakar yang dipanggang. Istirahat sebentar lalu mandi deh. Pas gw cek kamar mandi kebetulan udah penuh, jadi gw gak harus nimba air lagi *keenakan hehe. Gw mandi dengan leganya dan ternyata gw udh nyelak bibi gw mandi. Itu air dia yang isi sampai penuh, harusnya di pakai dia, tapi gw embat *maaf kan saya bi hoho.

-Hari Kelima-
            Dihari kelima ini mungkin menjadi hari terakhir gw berada di kampung Bandung yang indah akan suasana alamnya. Karena suasana yang bener-bener sangat indah seperti ini sangat sulit ditemukan di Jakarta. Perbandingannya sudah jelas. Disini terdapat banyak gunung, bukit, hutan, pepohonan yang menyejukkan hati. Sedangkan di Jakarta dipenuhi dengan bangunan pencakar langit yang begitu membuat suhu menjadi panas. Jika di Jakarta gw jarang banget berdiam diri dihalaman depan rumah, tapi jika disini gw biasa tidur-tiduran di halaman depan untuk sekedar mengadem.
            Well, gw akan begitu merindukan tempat ini. Semoga dengan perkembangan kota Jakarta, bisa menjadi tempat yang begitu nyaman dan layak dihuni.


-Hari Keenam-
            Hari ini bener-bener bikin gw bete banget. Kenapa? Seharusnya pulang ke Jakarta sekarang, tapi malah di undur jadi besoknya. Saat hari senin kan kita ketemu dengan orang bernama sebut saja Boyke yang menawarkan jasa Travel Jakarta Bandung dengna tarif murah, Dia bilang harganya hanya 350 ribu beserta supir. Jadi bapak gw cuman bayar bensin 14 liter + tol. Yah kira-kira 550 ribu deh. Hari kamis malam bapak gw nelpon dia buat nanya apakah jadi atau enggak. Tapi dia mengatakan harganya naek hadi 650 ribu. Lah, kmaren bukannya enggak segitu? Dan pada hari jumat, padahal hari ini udah siap-siap. Semuanya juga udah rapih banget. Dan pada saat di telpon si Boyke. Dia lagi ada di Merak. Lah? Ini orang kayaknya labil banget. Awal harga 550, terus jadi 650. Dan pada saat mau di panggil, eh malah lagi ada di Merak. Gw sedikit curiga kalau orang ini cuman ngalur ngidul (omong doang) karena sewaktu di perjalanan angkot dia agak sedikit banyak ngomong. Paman gw saranin untuk sewa Travel di temennya, tapi ketika di tanya harganya mahal banget sampai 1 juta ++. Berhubung hari udah sore, maka dari itu kita gak jadi pulang. Terpaksa deh harus nginep sehari lagi dirumah nenek gw. Sebenernya udah males banget, yang seharusnya menjadi hari-hari bahagia gw dimana gw akan terbebas dari air yang tidak bersih saat mandi, eh malah harus kembali ke kehidupan yang tidak gw sukai.
            Alhasil saat itu gw bete banget, cuman bengong-bengong gak terima. Paman gw ngebujuk biar gw gak kayak gini, jadi nya dia ngajakin nonton film deh di laptop gw rame-rame di ruang tamu. Yasudah lah, yang penting besok masih bisa pergi.


-Hari Ketujuh-
            Yeeay, akhirnya hari yang gw tunggu-tunggu tiba juga! Karena pada saat ini adalah jadwal untuk kembali ke Jakarta! Walau sedikit kecewa sih karena enggak naik Travel dan ditunda keberangkatannya. Kita terpaksa ngeteng naik bus Jakarta – Tanjung Priuk. Perjalanan berjalan seperti biasanya. Dari rumah nenek gw naek Delman menuju Batujajar. Dan disitu juga di bantu saudara gw untuk mengangkat barang bawaan, thanks Aeb. Entah kenapa mungkin karena hari MOS SD sudah dimulai, delman pada saat itu jarang banget terlihat. Lamanya seperti nunggu jodoh *lah hehe. Saat di Batujajar, niatnya sih mau naik angkot walau harus 2x naek. Pertama dari Batujajar ke Cimareme lalu ke Lewipanjang Terminal. Kenapa demikian? Soalnya kalau harus naik Madona itu bener-bener kayak di neraka sumpah. Pertama mobil itu panas, dan kedua desek-desekan. Namun nasib berkata lain, kenek Madona maksa terus-terusan buat kita naek, akhirnya bapak gw mutusin buat naek itu walau bikin kepala gw pusing. Soalnya ajlut-ajlutan mobilnya. Untungnya sih enggak terlalu rame karena masih pagi.
            Hampir 1 jam kita diperjalanan dan akhirnya sampai di terminal Lewipanjang. Kita memutuskan untuk pergi makan Kupat Tahu terlebih dahulu disana. Gw bingung kenapa namanya Kupat Tahu? Why not Ketupan Tahu? Mungkin ketupat dalam bahasa sunda di sebutnya kupat kali yah hehe. Rasanya sudah kenyang makan, rasanya keinginan buat beli makanan itu terus aja muncul. Akhirnya beli deh tuh banyak jajanan di terminal *emang otak jajan yah huehue. Gw cukup nyaman naik busnya, soalnya ber AC dan bersih, enggak desek-desekan pula. Cuman yang dikeluhin itu doang sih, bosen hoho. Disana gak tau harus ngapain cuman bengang-bengong ngeliatin jalanan dari jendela. Paling sesekali gw baca buku dan denger musik.
            2 jam 30 menit akhirnya sampai di Jakarta tercinta! Jakarta, aku datang! Huehue. Walau kembali ke kehidupan panas udara, tapi gw seneng disini. Karena tempatnya begitu strategis. Semuanya serba deket. Bayangin, disana mau ke pasar aja jauh banget, ke mall? Gak usah di tanya deh. Sangat jauh. Sampe dirumah serasa masuk ke dalam rumah hantu hoho. Rumah gw udh seperti rumah tua yang lama di tinggalkan. Barang-barang berantakan, kotor dimana-mana, debu, dan lain-lain bener-bener mengganggu sehingga kita harus bekerja sama membersihkannya. Buset dah, baru di tinggalin 1 minggu udah kayak begini, gimana 1 tahun? 10 tahun? 1 abad? *kelamaan yah wkwk. Siapa lagi yang membuat kekacauan ini semua selain tikus. Rasanya mau gw tangkepin tuh tikus lalu jemur deh di jalanan, kepanasan-kepanasan deh lu. Lagian udah di kasih hak tinggal 1 minggu karena ditinggal pergi yang punya. Bukannya di jaga dengan baik malah di berantakin. Tikus oh tikus.


            Sekiranya segitu deh cerita gw selama mudik tahun 2015 ini mulai dari hari pertama sampai hari akhir. Enggak ada yang terlalu begitu spesial karena ayah gw jarang pergi berkunjung ke tempat rekreasi. Cuman diem aja di rumah nenek. Bagaimana dengan kalian? Apakah mudik kalian begitu menyenangkan? Mari ceritakan di komentar sekarang!
Tags:

Written by

Seorang penulis novel fantasi yang memiliki minat dalam berbagai hal seperti programming dan game making.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fantasy

Fiksi Ilmiah

Wattpad: @yusriltakeuchi

Copyright © Yurani Takeuchi | Thanks to Yusril Takeuchi