Featured Post Via Labels

Instagram Photo Gallery

9 Mar 2016

Jenis Jenis Hamster #2

Share & Comment
Berjumpa lagi dengan saya dipostingan ke dua ini tentang seputar dunia hamster hoho. Hasil pengamatan dari salah satu hamster saya. Hamster kan makhluk nocturnal, nah ketika pagi hari biasanya mereka membuat lubang-lubang dari serbuk kayu pada kandang. Terkadang ngejengkelin juga sih, serbuk kayunya jadi berantakan keluar kandang. Ngerawat hamster itu sama seperti ngerawat bayi, di sabar-sabarin aja. Sekilas ketika kalian pergi ke toko hamster, pasti deh melihat terdapat banyak hamster dalam 1 tempat yang sama, iya kan? Namun bukan berarti mereka sama yah guys. Seperti yang dibilang di postingan sebelumnya. Sama belum tentu sejenis. Hamster belum tentu Dracula hehe. Ternyata meskipun mereka nampak terlihat mirip, mereka itu saling berbeda loh. Terdapat jenis-jenis tertentu dari mereka.
            Di Indonesia, hamster yang paling sering dijumpai yaitu berjenis Campbell, Winter White, Roborovski, Syrian, Hybrid (Ini beda sama alien Hybrid yah), dan Cina. Tapi hanya sekedar tahu tanpa mengetahui definisinya secara mendalam, rasanya kurang jozz yah. Mari kita bahas mereka satu persatu.

  1. Hamster Syrian

Sekilas terlintas di benak kalian tentang hamster yang satu ini. Kenapa namanya hamster Syrian?*lah suka-suka yang buat dong. Eits bukan begitu. Biasanya setiap nama punya maksud dan arti tertentu. Mengapa dinamakan Syrian karena hamster ini berasal dari Aleppo di wilayah Siria guys! Dan rumor denger rumor, sebenernya bukan rumor lagi sih. Hamster ini adalah jenis hamster yang memiliki ukuran badan lebih besar dari pada yang lainnya loh. Bahkan sempat dijuluki “The Giant Hamster” Untuk menjinakkan hamster ini terbilang susah namun juga mudah. Kenapa demikian? Karena untuk sebagian orang yang beruntung, mereka akan lebih cepat menjinakkan. Hamster jenis ini rada sulit untuk di jinakkan seperti layaknya Winter White. Makanya, jenis ini sangat tidak cocok untuk di pelihara anak-anak. Kalian para orang tua pasti enggak mau dong, jikalau anak anda harus tergigit karena hamster galak ini? Mereka memiliki varian warna yang berbeda loh, mulai dari warna polos hingga yang bercorak.
            Melihat dari apa yang sudah saya amati di Pet Shop, hamster jenis ini yang memiliki bulu paling panjang! Dibandingkan hamster lainnya. Mungkin jikalau dalam dunia kucing, Syrian ini tergolong dalam anggora yah haha. Sifat alami Hamster Syrian ini sama seperti saya nih guys. Suka menyendiri. Demennya di pojokkan, sendirian *ini hamster doyan ngegalau juga kali yah hehe. Untuk kriteria fisik, kalian bisa amati dibawah ini.
·         Nama Inggris : Syrian Hamster
·         Nama Latin : Cricetinae Mesocricetus Auratus
·         Nama Panggilan : Giant Hamster, Golden Hamster, Anggora.
·         Panjang Tubuh : ± 16-18cm
·         Ukuran Dewasa : ± 12-20cm
·         Batas Umur : ± 1,5-3 tahun
·         Umur Siap Kawin : ± 2-3 bulan
·         Masa Kehamilan : ± 15-20 hari
·         Karakter : Soliter (Hidup Sendiri)
Nah dari Syrian kita beralih ke hamster pemberani, Campbell.

2.      Hamster Campbell

Berbeda dengan Syria yang hobinya menyendiri dan terlihat lemes, kayak abis…. Ahsudahlah. Untuk yang jenis ini terbilang lebih aktif. Dan yang lebih asiknya lagi, harganya paling murah! *kalau urusan murah pasti deh paling depan hehe. Kalau tadi Syrian mempunyai julukan “The Giant Hamster” kini Campbell memiliki julukan “The Upiler Hamster” bukan kok. “The Mad Hamster” Lah kok namanya mad? Apa jangan-jangan sepupunya mad dog? Eits bukan gitu. Kenapa di namakan mad, karena hamster jenis ini tergolong galak guys! Sulit untuk dijinakkan. Sangat tidak dianjurkan deh bagi anak-anak memelihara hamster jenis ini. Bisa-bisa tangan anak anda bolong digigit haha. Kebiasaan yang cepat marah dan suka menggigit itu sulit untuk diterima kalangan pemula. Karena untuk pemula, mereka lebih memilih hamster yang mudah untuk di jinakkan *belum terbiasa di gigit kali yah.
Tapi ada keuntungannya jika kita bisa menjinakkan Campbell. Kalian sangat beruntung jika berhasil. Karena hamster ini akan menjadi hewan kesayangan anda, menjadi sangat aktif dan penurut *yang penting jangan disuruh beli indomie kewarung yah hehe. Hamster Campbell memiliki varian warna yang banyak loh! Dia juga termasuk jenis yang lebih mudah melahirkan *doyan nih hehe. Nah karena sifatnya yang galak dan cepat melahirkan, itulah yang menjadi penyebab mengapa hamster ini paling murah. Hamster Campbel memiliki 19 varian warna *bukan rasa yah. Berikut adalah gambarnya.

Normalnya, hamster Campbel itu mantel bulunya berwarna kuning gelap kecoklatan dengan garis hitam di punggung dan mempunyai bulu yang panjang di sekitar kaki tapi juga memiliki variasi mantel bulu yang menarik kok. Mau tau warnanya apa saja? Nih!

Pola Warna Deskripsi:

Coating Hamster Campbell:

Serta untuk mengetahui varian warna hamster Campbell, bisa di simak berikut ini.

Note:
Y = Ada
X = Tidak mungkin ada secara genetik
? = Secara genetik ada tapi langka

            Nah kalian udah paham kan perbedaan warna antara hamster Campbell? Tertarik? Itusih tergantung ditangan kalian. Tapi untuk wanita, biasanya lebih memilih jauh-jauh dari hamster ini, mereka lebih suka ke hamster Winter White yang lebih mudah di jinakkan. Untuk mengetahui kriteria fisik Campbell, berikut adalah simakannya.
·         Nama Inggris : Campbel Hamster
·         Nama Latin : Cricetinae Phodopus Sungorus Campbel
·         Nama Panggilan : Mad Hamster, Djungarian Dwarf Hamster
·         Panjang Tubuh : ± 9-12cm
·         Ukuran Dewasa : ± 9-15cm
·         Batas Umur : ± 2-3 tahun
·         Umur Siap Kawin : ± 2-3 bulan
·         Masa Kehamilan : ± 15-20 hari
·         Karakter : Berkoloni (Hidup Berkelompok), suka menggigit, aktif.

3.      Hamster Winter White

Nah sudah masuk sesi Hamster Winter White nih! Penasaran mengapa hamster ini diberi nama Winter White? Karena hal itu didasarkan dari asal habitatnya guys! Winter White atau biasa disebut hamster WW ini berasal dari padang rumput bersalju yang luas tanpa pepohonan di wilayah Kazakhstan di Seberia. Hamster jenis ini bisa dibilang saudaranya Campbell loh. Kenapa? Karena mereka sekilas mirip, sulit membedakannya jika tidak jeli. Perbedaan yang mudah di lihat adalah, hamster WW memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari Campbell, dan dia pun hanya memiliki 3 varian warna *dikit yah. Yaitu ada warna Putih Salju, Pearl, Sapphire. Nah kalau punya saya yang berjenis Sapphire hehe. Usut demi usut yah, denger dari gosip tetangga. Tapi mungkin juga bener, karena saya juga sudah searching. Jika hamster WW ini ditempatkan dalam tempat atau ruangan yang dingin. Seperti di dalam AC, kulkas *eh jangan disini juga sih. Maka dia akan menjadi seperti bunglon! Ya! Dia akan mengubah warna dengan sendirinya menjadi Putih Salju, dan akan kembali ke warna semula saat berada di tempat yang memiliki suhu normal! Wooaah keren yah! Keren dong pilihan saya mah hehe.
            Guys, meskipun hamster WW ini terbilang mudah dijinakkan, tak menutup kemungkinan jika mereka suka mengiggit tangan anda. Parahnya dari Campbell, ketika sudah menggigit, gigitannya itu sulit buat dilepas! Duh gimana nih, jari saya bisa copot. Nah maka dari itu, kalian harus hati-hati dalam menjinakkannya. Bisa dibilang, ambil posisi siaga saat ingin memegangnya. Jika sudah berhasil menjinakkannya, dia akan dengan sendirinya nempel ketanganmu loh! Karena jenis WW termasuk hamster yang tenang dan penakut. Karena sifat penakutnya itu lah, dia mengigit karena ketakutan, membela diri. Menyangka tangan kalian adalah predator. Punya hamster WW? Kerjaannya ngebo (tidur) mulu? Yah memang sudah kodratnya Winter White. Dia termasuk jenis hamster termalas dari semua hamster yang ada. Kerjaannya, tiduuuuur mulu. Meskipun sudah malam dan waktunya beraktifitas, lebih banyak tidurnya dibandingin aktifitasnya.
Kan hamster WW hanya mempunyai 3 jenis warna yaitu Putih Salju, Pearl, Sapphire. Tapi kok hamster ini ada yang berjenis Blue Argente, Golden, Violet dan Pearl mata merah? Karena hamster warna itu adalah hasil persilangan dari Camppbell dengan Winter White guys! Maka sebenarnya mereka tergolong ke dalam jenis hamster Hybrid.

            Ada tiga cara nih guys buat membedakkan hamster Whinter White dengan Campbell? Penasaran? Saya beli duren dulu yah *jangandeh. Berikut simakannya.
  1. Hamster Winter White memiliki mata yang lebih besar dan menonjol (bahasa lumrahnya belo) dibandingkan dengan Campbell ataupun Hybrid.
  2. Hamster WW memiliki mata di dekat telinga mereka, sedangkan Campbell dan Hybrid berada di tengah-tengah mukanya.
  3. bentuk hidung WW asli lebih datar dan moncong sedikit lebih pendek dibadingkan dengan hamster campbell dan hybrid yang menonjol, untuk lebih jelas mari perhatikan gambar dibawah ini

            Untuk ciri-ciri fisiknya, saya juga akan kasih tahu kalian kok. Baik kan saya hehe.
·         Nama Inggris : Winter White Hamster
·         Nama Latin : Cricetinae Phodopus Sungorus Winter White
·         Nama Panggilan : WW Hamster, Snow Hamster, Dwarf Winter White Russian Hamster
·         Panjang Tubuh : ± 9-12cm
·         Ukuran Dewasa : ± 9-15cm
·         Batas Umur : ± 2-3 tahun
·         Umur Siap Kawin : ± 4-5 bulan
·         Masa Kehamilan : ± 20-23 hari
·         Karakter : Berkoloni (Hidup Berkelompok), suka menggigit, penakut, tenang, pemalas.

4. Hamster Roborovski

            Dari Campbell dan Winter White kini kita beralih ke jenis hamster yang memiliki ukuran tubuh paling kecil, tapi paling gesit! Kayak cicak aja gitu yah haha. Hamster Roborovski berasal dari Mongolia Timur wilayah utara daratan Cina. Mentang-mentang ukurannya kecil, harganya murah gitu? Eits salah. Disini kita enggak membicarakan harga berdasarkan bentuk tubuh. Roborovski termasuk hamster yang harganya relatif lebih mahal dibandingkan Campbell atau Winter White loh! Mungkin karena peranakannya yang tidak secepat Campbell. Memelihara Roborovski seperti layaknya merawat seorang bayi yang super aktif! Mengapa demikian? Karena larinya yang lincah, membuat kita kewalahan kalau sampai kabur hehe. Namun ada enaknya juga nih, hamster ini lebih penakut dari pada WW, dan dia tidak mengigit. Nah, salah satu yang paling di rekomendasiin deh buat anak kalian.
            Hamster Roborovski ini hanya mempunyai dua mantel bulu yaitu Agouti terdapat warna putih di atas mata yang menyerupai alis dan di perut lalu di daerah batas hidung ke atas sampai punggung berwarna coklat pasir keemasan. Yang ke dua yaitu White Face, warna bulu di wajah seluruhnya berwarna putih tapi ada juga yang memiliki sedikit bergaris abu-abu. Untuk ciri-ciri fisiknya, berikut simakannya.
·         Nama Inggris : Roborovski Hamster
·         Nama Latin : Cricetinae Phodopus roborovski
·         Nama Panggilan : Desert Hamster
·         Panjang Tubuh : ± 4.5-5cm
·         Ukuran Dewasa : ± 4-5.5cm
·         Batas Umur : ± 2-4 tahun
·         Umur Siap Kawin : ± 7-8 bulan
·         Masa Kehamilan : ± 20-24 hari
·         Karakter : Berkoloni (Hidup Berkelompok),
·         penakut, lincah.

5.      Hamster Hybrid
Seperti yang sudah di jelaskan di atas, Hybrid ini adalah hasil persilangan dari Campbell dengan Winter White. Makanya jenis ini tergolong tidak murni. Sebenarnya hamster Hybrid tidak hanya bisa di lakukan oleh hamster Campel dan hamster Winter White aka tetapi hamster Hybrid ini bisa di hasilkan dari dua persilangan hamster Syrian dengan hamster Campbel atau hamster lainnya karena mereka berasal dari sub family yang sama yaitu untuk istilah Cricetinae. Hamster mempunya mantel bulu berwarna krem pudar bercampur dengan warna abu-abu halus dan garis putih di punggung warna krem pudar itu. Ada juga yang berwarna emas terang dengan ata berwarna merah. Banyak orang Indonesia tertarik untuk memlihara hamster Hybrid di karenakan keunikkan warna yang berbeda dari yang lain. Dia terbilang hamster yang penakut, sama halnya seperti WW dan Robo tapi bersifat lebih tenang. Walaupun suka mengigit, tidak separah WW dan Campbell. Kerugian dalam memeliharan jenis ini, Hybrid termasuk jenis hamster yang mudah terserang penyakit sepeti tumor dan obesitas! Nah loh. Meski rupanya cantik, percuma kan kalau sakit-sakitan mulu? Maka dari itu, pilih yang ideal aja. Jangan nampang cantiknya doang, tapi dalemnya enggak sehat. Seperti wanita yang melakukan operasi plastik. Diluarnya mungkin cantik bak bidadari, tapi sebenarnya di balik itu semua, mereka menyimpan berbagai rasa sakit yang ditahan sedemikian rupa. Untuk kriteria fisik, perhatikan bahan simakan berikut.
·         Nama Inggris : Hybrid Hamster
·         Nama Latin : –
·         Nama Panggilan : –
·         Panjang Tubuh : ± 8-11cm
·         Ukuran Dewasa : ± 8-12cm
·         Batas Umur : ± 1-1.5 tahun
·         Umur Siap Kawin : –
·         Masa Kehamilan : –
·         Karakter : Berkoloni (Hidup Berkelompok), penakut, lincah, gampang terkena
penyakit.

6.      Hamster Cina
Saya sendiri sudah sedikit capek menulisnya, karena ini termasuk cukup panjang yah hehe. Untuk sesi yang terakhir, kita akan membahas sedikit tentang Hamster Cina nih. Jangan mentang-mentang namanya Cina, kalian mengira mata hamster ini sipit yah, eits salah. Mengapa kalian susah ketemu hamster ini di pet shop, karena, memang hamster ini sulit untuk ditemukan di Indonesia. Kebanyakan mereka dimiliki oleh negara Amerika dan Inggris. Dari namanya pun sudah tahu, hamster Cina yah berasal dari negara Cina. Ia cenderung lebih ramah dan tenang. Sangat mudah berinteraktif dengan manusia. Untuk berinteraksi dengannya, kalian tidak boleh memaksa loh! Karena akan berujung tangan anda di gigit-gigit juga. Dia ini sama halnya sepeti wanita. Tidak suka di kasari atau di paksa, ingin dibuat lembut hehe. Hamster Cina tidak memiliki mantel bulu yang banyak, jadi menempel langsung ke kulitnya. Lebih sedikit lagi dari WW. Hamster Cina hanya memiliki 2 varian warna loh *dikit banget yah. Warnanya adalah warna normal, berwarna abu-abu dengan garis yang terlihat jelas berwarna coklat gelap atau hitam di punggung dan warna bulu di bagian perut adalah putih. Biasanya nih yah, hamster Cina jantan mempunyai ukuran badan yang lebih besar dari betinanya. Beda dengan Syria yang kebalikannya. Nah untuk kriteria fisik, perhatikan simakkan berikut.
·         Nama Inggris : Chinese Hamster
·         Nama Latin : Cricetinae Cricetulus Griseus
·         Nama Panggilan : Long-Tailed Dwarf Hamster
·         Panjang Tubuh : ± 9-12cm
·         Ukuran Dewasa : ± 10-13cm
·         Batas Umur : ± 2-3 tahun
·         Umur Siap Kawin : ± 3-4 bulan
·         Masa Kehamilan : ± 15-20 hari
·         Karakter : Soliter (Hidup Sendiri), ramah, tenang, bersahabat.


Fiuh, cukup melelahkan bukan? Jangankan kalian yang lelah membaca, saya saja lelah banget menulis ini hehe. Tapi ini semua demi kalian, yang serius ingin memelihara hamster. Saya sih orangnya suka berbagi, walaupun itu hanya sedikit. Karena berbagi itu menyenangkan. Yasudahlah, sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Salam hamster~

Postingan terkait lainnya:
  1. Nijuku & Sanju Si Hamster
  2. Cara Merawat Hamster
  3. Pakan Hamster
  4. Cara Kematian Hamster
  5. Cara Merawat Bayi Hamster
  6. Cara Merawat Kandang Hamster
  7. Kebiasaan Dan Kebutuhan Hamster
  8. Persilangan Hamster Campbell dengan Winter White
  9. Tips Membeli Hamster
  10. Tanda-Tanda Hamster Akan Melahirkan







Tags:

Written by

Seorang penulis novel fantasi yang memiliki minat dalam berbagai hal seperti programming dan game making.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fantasy

Fiksi Ilmiah

Wattpad: @yusriltakeuchi

Copyright © Yurani Takeuchi | Thanks to Yusril Takeuchi