Featured Post Via Labels

Instagram Photo Gallery

3 Feb 2017

Apa Uang Sebuah Unsur Paling Berkuasa?

Share & Comment

Apa Uang Sebuah Unsur Paling Berkuasa?
-Yusril Takeuchi

Dahulu orang berkata, untuk apa susah-susah hidup pada akhirnya akan mati juga? Kenapa orang bersikeras bekerja sepanjang hari demi mencari selembar uang kertas? Mengapa orang menempuh pendidikan tinggi, hanya untuk mendapatkan kumpulan kertas itu? Semua dapat terjadi karena ia kuat, ialah yang menjadi penguasa di dunia. Saat kau memilikinya, maka kau dapat melakukan segala hal. Sama halnya seperti peri pengabul permintaan. Setelah kau ucapkan segelintir kata, segala permohonanmu akan terkabul. Tetapi, apa semuanya dapat berjalan semudah itu? Tentu tidak. Sama halnya seperti uang, kau harus berusaha terlebih dahulu. Utamanya berada di pinggir kolam dan berteriak memanggil nama peri itu. Semua tergantung pada tujuanmu menemuinya, kalau kau memiliki hati tamak, maka peri tersebut tidak akan muncul. Namun, saat kau menghampirinya  untuk memohon permintaan mulia, dengan senang hati, ia akan menampakkan dirinya tanpa harus kau berteriak hingga pita suaramu rusak.

                Terkadang aku sempat berpikir, segala unsur materi di dunia ini diukur dalam segi kemapanan. Kewibawaan menjadi penentu akan kekuasaan seseorang. Jika kau memiliki jabatan tinggi, maka kau akan dihargai. Namun, saat kau tak memiliki jabatan apapun, posisimu akan direndahkan. Semua orang akan menganggap remeh dirimu. Jadi, dapat dikatakan bahwa manusia masih menilai suatu unsur hanya dari covernya saja. Padahal, bisa saja ia seorang bangsawan yang sedang menyamar sebagai pria tak berstatus. Seseorang dengan penampilan cumpang-camping, melangkah kesana-kemari dengan tujuan akan ada orang berhati luhur dan mau menerimanya. Maka, ketika orang itu berhasil menemuinya, ia akan memberikan keajaiban pada orang tersebut. Semua didapat atas kemuliaan hatinya.

                Oleh sebab itu, kalau kau ingin hidup lebih layak, jangan terlalu memfokuskan diri pada materi. Jangan pernah mengharapkan nilai, kau harus memiliki talenta. Karena kau akan malu dengan sendirinya andai saja mengedepankan hal demikian. Mungkin kau hebat memiliki jabatan super tinggi, tetapi kau tidak mendapatkannya dengan kemampuanmu. Melainkan dengan cara curang, dan suatu ketika, di mana kemampuanmu diperlukan, kau tak bisa melakukan apapun. Akhirnya, orang tidak akan menghormatimu lagi. Lainhal jika kau orang sederhana namun memiliki kemampuan luar biasa. Semua orang akan menghargaimu, sekalipun ia orang kaya, ia akan seolah mendewakanmu. Karena kau punya ilmu. Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ilmu jauh lebih berkuasa daripada uang. Kalau kau ingin hidup lebih layak, kejarlah ilmu, jangan sampai kau tergopoh-gopoh hanya demi mendapatkan uang. Kalau kau memiliki ilmu, maka uang akan datang dengan sendirinya.

#Rumah, Jakarta
2-Februari-2017

Yusril Takeuchi
Tags:

Written by

Seorang penulis novel fantasi yang memiliki minat dalam berbagai hal seperti programming dan game making.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fantasy

Fiksi Ilmiah

Wattpad: @yusriltakeuchi

Copyright © Yurani Takeuchi | Thanks to Yusril Takeuchi