Featured Post Via Labels

Instagram Photo Gallery

10 Mar 2016

Pakan Hamster #3

Share & Comment

Helo sobat hamster, ketemu lagi nih dengan saya di postingan yang ketiga ini. Masih membahas dunia hamster yah, belum masuk ke anggora hehe. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pakan hamster loh. Pakan hamster? Iya itu, makanan yang di makan sama hamster. Apa aja sih sebenernya? Kalau kalian pernah nonton film hamtaro, pasti tau deh makanan favorit mereka apa. Yaps, biji bunga matahari. Itu terrmasuk ke dalam makanan dan menjadi simbol hamster loh guys. Tapi kalian tahu tidak sih, terlalu banyak memberikan biji bunga matahari dapat menyebabkan hamster terserang obesitas loh! Nah loh, kok bisa sih? Dari pada kalian mikir keras, dan rambut kalian rontok satu persatu *jadi professor hehe. Mending kita bahas yuk, satu persatu tentang pakan hamster.

1. Kacang Tanah

            Wits, kacang nih guys. Kalian suka kacang kan? Tapi tentunya tidak suka di kacangin hehe. Kacang tanah cukup bagus untuk hamster, karena mengandung banyak lemak. Sehinga dapat membuat hamster cepat kenyang! Namun, sama halnya seperti biji bunga matahari. Pemberian terlalu berlebihan dapat membuat hamster terkena serangan jantung! Jadi, sisihkan kacang tanah pada pakan hamster kalian semisalnya untuk selang 2 hari sekali guys. Biar tidak terlalu berlebihan.

2. Biji Bunga Matahari

            Nah mentang-mentang dari film hamtaro, si hamtaronya hanya terlihat makan biji bunga matahari saja sehingga kalian mengambil kesimpulan bahwa makanan hamster hanya sekedar ini? Salah guys! Biji bunga matahari bukanlah satu-satunya pakan hamster. Selain itu juga, terlalu banyak memberikan biji bunga matahari pada hamster, akan menyebabkan hewan kesayangan kalian kekurangan gizi dan terkena obesitas deh. Kenapa sih demikian? Sama halnya seperti kacang tanah, biji bunga matahari juga memiliki kandungan lemak yang tinggi loh. Sehingga tidak cocok jika diberikan terlalu berlebihan. Meskipun hamster kalian sangat menyukai makanan yang satu ini, seharusnya sebagai majikan yang bijak, anda membatasi penggunaannya. Untuk kelangsungan hidip hewan kesayangan anda.
Dan makanan ini juga bisa di jadikan sebagai pancingan untuk menjinakkan hamster loh. Gimana sih caranya? Dengan kalian memberi makan hamster anda dengan makanan ini melalui tangan, lama-kelamaan hamster akan terbiasa dengan bau tangan anda, sehingga menjadi lebih mudah untuk dipegang. Eits, tapi sebelum ngasih makan harus cuci tangan dulu yah!

3. Kacang Kedelai

            Suka kacang kedelai? Pasti suka dong. Kacang ini termasuk kedalam kacang terenak dari yang pernah saya makan hehe. Kenapa sih kacang kedelai masuk dalam list pakan hamster? Kacang Kedelai mengandung banyak protein guys! Makanan ini sangat baik untuk hamster, agar hewan anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Nah jika kalian ingin hidup lebih baik, makanlah banyak kacang kedelai hehe *tidak gitu juga sih. Selain sebagai asupan protein, kacang kedelai sangat bagus untuk mengasah gigi hamster sebab teksturnya yang agak keras.
            Mengapa hamster perlu mengasah giginya? Sama halnya seperti tikus. Pasti kalian pernah mendapati salah satu baju atau benda anda habis digigitin oleh tikus? Sebenarnya bukan berarti mereka doyan makan itu. Mereka hanya mengasah giginya. Karena gigi hamster terus tumbuh semakin panjang, maka dari itu gunanya diasah agar gigi hamster tidak jadi tonggos hehe. Manusia aja mempunyai gigi tonggos pasti tidak enak dilihat bukan? Nah bagaimana jika itu terjadi pada hamster imut anda. Pasti akan mengurangi rasa cinta majikan pada hewan peliharaannya.

4. Kacang Hijau

            Nah karena tadi kita sudah masuk ke sesi Kacang Kedelai. Kita masih dalam dunia kacang nih guys. Mengapa perlu adanya kacang hijau dalam pakan hamster? You know? Kacang Hijau mengandung banyak vitamin loh! Vitamin ini sangat mutlak *udah di bold + italic pula. Diperlukan untuk hamster sebagai zat pengatur dalam tubuh. Selain sebagai asupan vitamin, tesktur kacang hijau yang keras juga dapat membantu hamster dalam mengasah giginya.

5. Beras Merah

            Kok lama-kelamaan jadi masuk ke makanan ayam dan mas aderai yah? Beras merah itu bagus untuk hamster loh! Dikarenakan beras merah mengandung karbohidrat. Nah karbohidrat ini sangat diperlukan untuk hamster sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktifitas. Jika hamster kekurangan karbohidrat, Kebutuhan energinya akan diambil dari lemak, sehingga lama kelamaan hamster dpt menjadi kurus. Beras merah jg baik utk perkembangan otak. Nah, kalian mau kan jika hamster yang anda miliki jadi pintar? Banyak-banyaklah makan beras merah hehe *enggak juga sih.

6. Padi/Gabah

            Loh, kok makin kesini malah makin aneh yah? Eits, saya bermaksud baik kok. Tenang, saya tidak akan meracuni hamster kalian. Sebab, saya bukan pecun hehe. Gabah seperti halnya beras adalah sumber karbohidrat yg utama. Pemberian gabah yg cukup akan memastikan kebutuhan energi hamster akan terpenuhi. Selain itu, pemberian dalam bentuk gabah, memastikan hamster memakan kulit ari gabah, yg kaya akan pro-vitamin D.

7. Konsentrat

            Konsentrat, pernah denger enggak sih? Kayak gimana yah bentuknya? Kalian bisa lihat seperti apa konstentrat dengan melihat gambar diatas. Tapi, apa konstentrat itu? Konsentrat adalah campuran dari berbagai jenis makanan yang sudah diramu oleh pabrikan. Pemberian konsentrat juga penting untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Pemberian konsentrat harus disertai pemberian air minum yang cukup karena biasanya konsentrat menyebabkan haus. Jikalau sudah haus lalu kebutuhan minum di kandang sangat kurang. Kemungkinan besar, hamster anda akan terkena dehidrasi.

8. Wortel

            Tahu wortel pasti kan? Ah, sayuran ini sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Salah satu makanan yang kaya akan vitamin A. Wortel adalah salah satu sayuran yang baik untuk hamster guys. Wortel mengandung zat-zat yang dapat mencegah terjadinya kanker. Wortel yang diberikan adalah wortel lokal yang berukuran besar dan tentunya dalam kondisi segar namun masih muda (belum berkayu). Wortel impor tidak disarankan karena disinyalir mengandung zat pengawet & obat-obatan untuk menjaga penampilan hamster. Pemberian wortel juga baik untuk mejaga kesehatan mata, terutama pada hamster albino/bermata merah. Hamster-hamster bermata merah dikenal mudah terkena katarak *kayaknya hamster memiliki banyak kesamaan penyakit dengan manusia yah hehe.. Jika pada kandang hamster terdapat botol minum, maka pemberian wortel cukup 1 iris per ekor, jangan berlebihan karena segala yang berlebihan itu tidak bagus *kecuali uang yang berlebihan sih gapapa hehe. Jika kandang tidak diberi botol minum, pemberian wortel dapat juga digunakan sebagai pengganti air minum (Tapi bukan berarti anda hanya memberi wortel, dan tidak memberikan air hanya karena mengandung cadangan air yah). Untuk hamster Siria diberi 3 iris wortel per ekor per hari. Sedangkan untuk hamster mini, cukup 2 iris wortel per ekor per hari. Untuk hamster hamil & menyusui, perlu diberi lebih. Mengganti air minum dengan wortel sebenarnya tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan hamster terus menerus kencing dan kandang menjadi lebih cepat bau. Cara ini boleh diterapkan untuk kondisi darurat, misal: botol minum rusak.

            Tips: Untuk menjaga mutu wortel agar tidak cepat busuk, pilih wortel yang besar & mulus. Jangan cuci wortel. potong kedua ujung wortel sebelum disimpan. Kedua ujung wortel adalah titik pertama busuk. Simpan dalam wadah kedap, & masukkan dalam lemari es. Wortel tidak akan kehilangan kualitasnya.

9. Tauge

            Ehem, mendengar kata tauge jadi teringat dengan… ahsudahlah hehe. Mengapa sih tauge juga perlu untuk hamster? Tauge adalah kecambah dari kacang hijau. Tauge cukup diberikan sedikit saja setiap harinya. Tauge mengandung banyak sekali vitamin K yang baik untuk menjaga kesuburan hamster. Nah sudah paham kan maksudnya yang ahsudahlah itu hehe.

10. Air

            Nah kita masuk ke sesi terakhir nih. Kesebuah elemen yang menjadi bahan pokok atau dasar dari sebuah kehidupan. Setiap yang bernyawa dimuka bumi ini pasti sangat memerlukan air. Pernah denger ada hewan yang minum dengan lumpur lapindo? Pasti enggak dong yah hehe. Walaupun hamster berasal dari daerah padang rumput yang minim air, tetap saja hamster membutuhkan air. Air dapat diberikan dalam botol minum hamster yang dapat dibeli di pasaran. Dalam kebutuhan darurat, air dapat diganti dengan wortel. Kebutuhan air akan meningkat drastis pada saat hamster hamil, melahirkan dan menyusui

            Nah kita sudah membahas nih berbagai makanan yang pokok atau wajib ada dalam daftar makanan hamster kalian. Seperti yang kalian tahu, hamster tergolong dalam hewan omnivore (Pemakan daging dan tumbuhan). Maka dari itu terdapat beberapa campuran makanan untuk mereka. Namun jika lebih di kelompokkan, mereka lebih cocok memakan yang bertekstur kering. Seperti halnya dari habitat mereka berasal. Sebenarnya ada satu lagi sebeagai salah satu makanan hamster, lebih tepatnya untuk cemilan. Yaitu Snack Hamster. Wah, hamster juga punya cemilan snack? Tentu! Tapi kita akan membahas tentang itu nanti di postingan berikutnya. Jadi, ditunggu aja yah.

Salam Hamster~


Postingan terkait lainnya:
  1. Nijuku & Sanju Si Hamster
  2. Cara Merawat Hamster
  3. Jenis-Jenis Hamster
  4. Cara Kematian Hamster
  5. Cara Merawat Bayi Hamster
  6. Cara Merawat Kandang Hamster
  7. Kebiasaan Dan Kebutuhan Hamster
  8. Persilangan Hamster Campbell dengan Winter White
  9. Tips Membeli Hamster
  10. Tanda-Tanda Hamster Akan Melahirkan






Tags:

Written by

Seorang penulis novel fantasi yang memiliki minat dalam berbagai hal seperti programming dan game making.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fantasy

Fiksi Ilmiah

Wattpad: @yusriltakeuchi

Copyright © Yurani Takeuchi | Thanks to Yusril Takeuchi