Featured Post Via Labels

Instagram Photo Gallery

26 Mar 2016

Sandi Yurani Tistripnol

Share & Comment
Sandi Yurani Tistripnol


                Yurani Tistripnol adalah sebuah sandi kode rahasia yang digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan kepada seseorang. Bentuk dalam Yurani Tistripnol tidak terlalu sulit selama kita memahami dari tiap-tiap kode yang ada. Kita hanya perlu menyocokkan kodenya dan menyusunnya menjadi sebuah kalimat. Didalam Yurani Tistripnol, setiap huruf dalam kode menggunakan spasi, sehingga ini sedikit memudahkan pembaca agar tidak terlalu pusing untuk menerjemahkannya.
Seperti misalnya pada sebuah kata Aku, maka jika di terjemahkan dalam sandi Yurani Tistripnol hasilnya -0 0-.- .0.-.0 Nah disana terdapat sebuah spasi untuk setiap hurufnya. Mengapa dinamakan Yurani Tistripnol, karena Yurani diambil dari nama pembuat sandi ini yaitu Yurani Takeuchi. Sedangkan Tistripnol adalah singkatan dari Titik Strip dan Nol. Karena dalam sandi ini, Titik Strip dan Nol menjadi kode utama dalam sandi.

-         Huruf Abjad


            Di dalam sandi Yurani Tistripnol, meski terdapat abjad yang sudah disusun sedemikian rupa untuk setiap hurufnya, untuk pengucapan benda, dan angka belum tentu sama. Karena untuk angka dan kata benda memiliki kodenya lagi sendiri yang sudah di pecah. Tidak hanya untuk itu saja, terkadang untuk penyebutan nama seseorang, dan sebuah tempat memiliki kode dan rumusnya tersendiri. Maka dari itu, jika kalian ingin membuat sebuah pesan dalam sandi Yurani Tistripnol, anda harus memperhatikan tiap kode dan rumus yang ada. Maka dari itu, kode untuk abjad adalah sebagai berikut:

-         Kode Huruf Abjad
A: -0
B: 00--
C: 0.00-
D: --
E: 0.0
F: 00--
G: 0--0
H: .00--
I: ..-
J: .0-
K: 0-.-
L: .--0
M: 000
N: 00..-0
O: .--0-.
P: 00.-00
Q: ..-.0-
R: 0..
S: .000
T: .--.0.-
U: .0.-.0
V: 0..0-.
W: 0.--0.
X: .0.-.0--
Y: 00--..
Z: ---.0.

-         Angka-Angka

            Untuk sebuah angka dalam sandi Yurani Tistripnol hampir sama seperti menggunakan abjad, hanya saja disini terdapat kolaborasi kode * dan + . Di dalam kode angka, hanya menggunakan dari angka 0 sampai 9. Karena untuk seterusnya pembuat kode dapat menyusunnya sendiri. Seperti misalnya untuk angka 2 adalah -+* dan angka 6 adalah *-++ . Jika ingin membuat angka 26 cukup menambahkan saja dari angka satuan diatas menjadi -+* *-++ . Nah ini kode untuk angka 26. Berikut adalah daftar kode untuk angka-angka.

-         Kode Angka-Angka
0: *-
1: -*
2: -+*
3: --*
4: +--*
5: ++-
6: *-++
7: *--*
8: ***-
9: +**-

-         Kata Benda

            Berikutnya adalah akan menerangkan tentang sebuah Kata Benda. Meskipun terdapat abjad dari A sampai Z. Jika kita ingin menggunakan sebuah kata benda semisalnya sepeda, kita tidak bisa menggunakan daftar kode huruf abjad. Melainkan harus menggunakan kode Kata Benda yang memiliki cara dan rumus tertentu di dalamnya. Di dalam kata benda, kata asli dibalik dari arah belakang lalu ditambahkan dengan rumus huruf penyebut. Maksud penyebut disini adalah, semisalnya sepeda. Se adalah penyebut pertama, Pe adalah penyebut kedua, dan Da adalah penyebut ketiga. Jika kita balik, maka hasilnya akan menjadi Dapese.
            Kita harus menambahkan rumus dari tiap penyebutnya, yang akan di jelaskan dibawah ini.

-         Rumus Penyebut
Penyebut Pertama: -*
Penyebut Kedua: -+
Penyebut Ketiga: --*
Penyebut Keempat: --+
Penyebut Kelima: --**
Penyebut Keenam: --++

            Dan begitu seterusnya. Untuk penyebut ganjil menggunakan kode * sedangkan penyebut genap menggunakan kode + . Untuk seterusnya kita hanya perlu menambahkan saja menurut urutannya. Jika untuk penyebut ketujuh maka hasilnya ---** . Dan berikut adalah contoh untuk beberapa kata benda yang harus dibalik + rumus penyebut huruf.

-         Contoh Kata Benda
Meja: Ja-*me-+
Sepeda: Da-*pe-+se--*
Bingkai Foto: To-*fo-+kai--*bing--+
Helikopter: Ter-*kop-+li--*he--+

-         Penyebutan Nama

            Selanjutnya kita akan membahas tentang penyebutan nama seseorang. Di dalam penyebutan nama, kita menggunakan kode ^* untuk laki-laki sedangkan v* untuk perempuan. Serta sama halnya seperti kata benda, di dalam penyebutan nama kita harus membalik nama seseorang tersebut dan menambahkan kode gender dibelakangnya tanpa sebuah spasi. Seperti contoh kita akan memberikan beberapa nama yang harus diterjemahkan kedalam Bahasa Tistripnol.

-         Contoh Penyebut Nama
Yurani (Pria): Nirayu^*
Vanny (Wanita): Nynavv*
Melisa (Wanita): Salimev*
Albert Einstein (Pria): Steinie bertal^*
Yurani Takeuchi (Pria): Chitakeu nirayu^*

-         Kata Tempat

Hampir tiada bedanya dengan kata benda dan penyebutan nama. Dalam penyebutan kata tempat pun kita harus membalik nama tempat tersebut serta menambahkan kode kata tempat didalamnya. Untuk kata tempat memiliki kode -# yang harus ditambahkan di akhir kata sebuah tempat tersebut. Seperti contoh untuk nama tempat Lokasari kita akan mengubahnya menjadi Risakalo dan ditambahkan kode kata tempat menjadi Risakalo-# .Tapi perlu diingat, dalam penyebut nama tempat, tidak menggunakan spasi untuk nama tempatnya. Seperti misalnya Gajah Mada, jika di terjemahkan akan menjadi DamaJahga-#

-         Contoh Kata Tempat
Lokasari: Risaloka-#
Gajah Mada: DamaJahga-#
Gramedia Matraman: Mantramadiamegra-#
Hayam Wuruk: Rukwuyamha-#

-         Zona Latihan
Karena sebelumnya kita telah mempelajari tentang huruf abjad, angka, kata benda, penyebutan nama, dan kata tempat. Mari kita masuk ke zona latihan untuk menguji apa yang sudah kita pelajari sebelumnya. Dan disini kita akan mencoba untuk menerjemahkan beberapa kalimat ke  dalam sandi Yurani Tistripnol.

-         Latihan
Aku Pergi Ke Pasar: -0 0-.- .0.-.0 00.-00 0.0 0.. 0--0 .-- 0-.- 0.0 sarpa-#
4 Buah Pepaya: +--* 00-- .0.-.0 -0 .00-- ya-*pa-+pe--*
Aku Pergi Naik Sepeda Bersama Yuna Ke Monas: 0- 0-.- .0.-0 00.-00 0.0 0.. 0--0 ..-00..-0 -0 ..- 0-.- da-*pe-+se--* 00-- 0.0 0.. .000 -0 000 -0 Nayuv* 0-.- 0.0 nasmo-#
5 Pensil di Kelas: ++- sil-*pen-+ -- ..- 0-.- 0.0 .--0 -0 .000

            Sekian penjelasan singkat tentang sandi Yurani Tistripnol untuk kalian, kelanjutannya akan di update menurut berdasarkan waktu. Karena perkembangan Yurani Tistripnol akan terus berlanjut memunculkan kode-kode baru yang akan menyempurnakan sandi ini. Untuk kelanjutannya, bisa dilihat melalui situs pribadi pembuat dari sandi ini melalui blog.yusriltakeuchi.com


End Of Document
Tags:

Written by

Seorang penulis novel fantasi yang memiliki minat dalam berbagai hal seperti programming dan game making.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fantasy

Fiksi Ilmiah

Wattpad: @yusriltakeuchi

Copyright © Yurani Takeuchi | Thanks to Yusril Takeuchi