Sandi Yurani Tistripnol
Yurani Tistripnol adalah sebuah sandi
kode rahasia yang digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan kepada seseorang.
Bentuk dalam Yurani Tistripnol tidak terlalu sulit selama kita memahami dari
tiap-tiap kode yang ada. Kita hanya perlu menyocokkan kodenya dan menyusunnya
menjadi sebuah kalimat. Didalam Yurani Tistripnol, setiap huruf dalam kode
menggunakan spasi, sehingga ini sedikit memudahkan pembaca agar tidak terlalu
pusing untuk menerjemahkannya.
Seperti misalnya pada sebuah kata Aku, maka jika di terjemahkan dalam
sandi Yurani Tistripnol hasilnya -0 0-.-
.0.-.0 Nah disana terdapat sebuah spasi untuk setiap hurufnya. Mengapa
dinamakan Yurani Tistripnol, karena Yurani diambil dari nama pembuat sandi ini
yaitu Yurani Takeuchi. Sedangkan Tistripnol
adalah singkatan dari Titik Strip dan
Nol. Karena dalam sandi ini, Titik Strip dan Nol menjadi kode utama dalam
sandi.
-
Huruf Abjad
Di dalam
sandi Yurani Tistripnol, meski terdapat abjad yang sudah disusun sedemikian
rupa untuk setiap hurufnya, untuk pengucapan benda, dan angka belum tentu sama.
Karena untuk angka dan kata benda memiliki kodenya lagi sendiri yang sudah di
pecah. Tidak hanya untuk itu saja, terkadang untuk penyebutan nama seseorang,
dan sebuah tempat memiliki kode dan rumusnya tersendiri. Maka dari itu, jika
kalian ingin membuat sebuah pesan dalam sandi Yurani Tistripnol, anda harus
memperhatikan tiap kode dan rumus yang ada. Maka dari itu, kode untuk abjad
adalah sebagai berikut:
-
Kode Huruf
Abjad
A: -0
B: 00--
C: 0.00-
D: --
E: 0.0
F: 00--
G: 0--0
H: .00--
I: ..-
J: .0-
K: 0-.-
L: .--0
M: 000
N: 00..-0
O: .--0-.
P: 00.-00
Q: ..-.0-
R: 0..
S: .000
T: .--.0.-
U: .0.-.0
V: 0..0-.
W: 0.--0.
X: .0.-.0--
Y: 00--..
Z: ---.0.
-
Angka-Angka
Untuk sebuah
angka dalam sandi Yurani Tistripnol hampir sama seperti menggunakan abjad,
hanya saja disini terdapat kolaborasi kode * dan + . Di dalam kode angka, hanya
menggunakan dari angka 0 sampai 9. Karena untuk seterusnya pembuat kode dapat
menyusunnya sendiri. Seperti misalnya untuk angka 2 adalah -+* dan angka 6 adalah *-++ . Jika ingin membuat angka 26 cukup menambahkan saja dari angka satuan diatas menjadi -+* *-++ . Nah ini kode untuk angka 26.
Berikut adalah daftar kode untuk angka-angka.
-
Kode Angka-Angka
0: *-
1: -*
2: -+*
3: --*
4: +--*
5: ++-
6: *-++
7: *--*
8: ***-
9: +**-
-
Kata Benda
Berikutnya
adalah akan menerangkan tentang sebuah Kata Benda. Meskipun terdapat abjad dari
A sampai Z. Jika kita ingin menggunakan sebuah kata benda semisalnya sepeda,
kita tidak bisa menggunakan daftar kode huruf abjad. Melainkan harus
menggunakan kode Kata Benda yang memiliki cara dan rumus tertentu di dalamnya.
Di dalam kata benda, kata asli dibalik dari arah belakang lalu ditambahkan
dengan rumus huruf penyebut. Maksud penyebut disini adalah, semisalnya sepeda.
Se adalah penyebut pertama, Pe adalah penyebut kedua, dan Da adalah penyebut
ketiga. Jika kita balik, maka hasilnya akan menjadi Dapese.
Kita harus
menambahkan rumus dari tiap penyebutnya, yang akan di jelaskan dibawah ini.
-
Rumus
Penyebut
Penyebut Pertama: -*
Penyebut Kedua: -+
Penyebut Ketiga: --*
Penyebut Keempat: --+
Penyebut Kelima: --**
Penyebut Keenam: --++
Dan begitu
seterusnya. Untuk penyebut ganjil menggunakan kode * sedangkan penyebut genap
menggunakan kode + . Untuk seterusnya kita hanya perlu menambahkan saja menurut
urutannya. Jika untuk penyebut ketujuh maka hasilnya ---** . Dan berikut adalah
contoh untuk beberapa kata benda yang harus dibalik + rumus penyebut huruf.
-
Contoh Kata
Benda
Meja: Ja-*me-+
Sepeda: Da-*pe-+se--*
Bingkai Foto: To-*fo-+kai--*bing--+
Helikopter: Ter-*kop-+li--*he--+
-
Penyebutan
Nama
Selanjutnya
kita akan membahas tentang penyebutan nama seseorang. Di dalam penyebutan nama,
kita menggunakan kode ^* untuk laki-laki sedangkan v* untuk perempuan. Serta sama halnya seperti kata benda, di dalam
penyebutan nama kita harus membalik nama seseorang tersebut dan menambahkan
kode gender dibelakangnya tanpa sebuah spasi. Seperti contoh kita akan
memberikan beberapa nama yang harus diterjemahkan kedalam Bahasa Tistripnol.
-
Contoh
Penyebut Nama
Yurani (Pria): Nirayu^*
Vanny (Wanita): Nynavv*
Melisa (Wanita): Salimev*
Albert Einstein (Pria): Steinie bertal^*
Yurani Takeuchi (Pria): Chitakeu nirayu^*
-
Kata Tempat
Hampir tiada bedanya dengan kata
benda dan penyebutan nama. Dalam penyebutan kata tempat pun kita harus membalik
nama tempat tersebut serta menambahkan kode kata tempat didalamnya. Untuk kata
tempat memiliki kode -# yang harus
ditambahkan di akhir kata sebuah tempat tersebut. Seperti contoh untuk nama
tempat Lokasari kita akan mengubahnya menjadi Risakalo dan ditambahkan kode kata tempat menjadi Risakalo-# .Tapi
perlu diingat, dalam penyebut nama tempat, tidak menggunakan spasi untuk nama
tempatnya. Seperti misalnya Gajah Mada, jika di terjemahkan akan menjadi
DamaJahga-#
-
Contoh Kata
Tempat
Lokasari: Risaloka-#
Gajah Mada: DamaJahga-#
Gramedia Matraman: Mantramadiamegra-#
Hayam Wuruk: Rukwuyamha-#
-
Zona
Latihan
Karena sebelumnya kita telah
mempelajari tentang huruf abjad, angka, kata benda, penyebutan nama, dan kata
tempat. Mari kita masuk ke zona latihan untuk menguji apa yang sudah kita
pelajari sebelumnya. Dan disini kita akan mencoba untuk menerjemahkan beberapa
kalimat ke dalam sandi Yurani Tistripnol.
-
Latihan
Aku Pergi Ke Pasar: -0 0-.- .0.-.0 00.-00 0.0 0.. 0--0 .--
0-.- 0.0 sarpa-#
4 Buah Pepaya: +--* 00-- .0.-.0 -0 .00-- ya-*pa-+pe--*
Aku Pergi Naik Sepeda Bersama Yuna Ke Monas: 0- 0-.- .0.-0
00.-00 0.0 0.. 0--0 ..-00..-0 -0 ..- 0-.- da-*pe-+se--* 00-- 0.0 0.. .000 -0 000
-0 Nayuv* 0-.- 0.0 nasmo-#
5 Pensil di Kelas: ++- sil-*pen-+ -- ..- 0-.- 0.0 .--0 -0
.000
Sekian
penjelasan singkat tentang sandi Yurani Tistripnol untuk kalian, kelanjutannya
akan di update menurut berdasarkan waktu. Karena perkembangan Yurani Tistripnol
akan terus berlanjut memunculkan kode-kode baru yang akan menyempurnakan sandi
ini. Untuk kelanjutannya, bisa dilihat melalui situs pribadi pembuat dari sandi
ini melalui blog.yusriltakeuchi.com
End
Of
Document
0 komentar:
Posting Komentar